57565
post-template-default,single,single-post,postid-57565,single-format-standard,theme-pitchwp,select-core-1.6,woocommerce-no-js,pitch-theme-ver-3.5,ajax_fade,page_not_loaded,smooth_scroll,grid_1300,vertical_menu_with_scroll,woocommerce_installed,blog_installed,columns-4,type1,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-57562

Segmentasi Khusus yang Mendatangkan Keuntungan, Yuk Pelajari Mengenai Niche Market

Istilah Bisnis – Terkadang kompetisi yang pelik antar bisnis mendorong berbagai strategi dari pemilik bisnis agar bisa bertahan. Berbagai strategi unik dan pemasaran gila-gilaan tidak jarang dilakukan demi mendapatkan pangsa pasar tersendiri dan awareness. Banyak perusahan kemudian melakukan segmentasi khusus yang unik demi menghindari red ocean industry yang sudah memiliki banyak pesaing besar. Meskipun terlihat meragukan namun seringkali justru keputusan tersebut berbuah manis pada bisnis tersebut. Perlu kamu tahu bahwa hal tersebut memang terbukti dan ada strateginya, yuk kita simak lebih lanjut~

 

Apa itu Niche Market?

Fenomena diatas merupakan bentuk praktik dari niche market sendiri yakni bagian dari sebuah industri dengan target pasar dan konsumen yang lebih spesifik. Metode yang satu ini memang terbukti merupakan salah satu strategi favorit yang terbukti ampuh di dalam persaingan yang semakin ketat. Terkadang dengan menyasar segmentasi yang terfokus, strategi yang dikerahkan bisa lebih maksimal dan keuntungan yang didapat lebih besar. Pada akhirnya, seorang pebisnis tidak bisa memasarkan produknya ke seluruh segmen

 

Mengapa memilih Niche Market?

Tentu saja meskipun pasarnya lebih kecil, bukan berarti peluangnya juga lebih sempit. Beberapa manfaat menggunakan pasar niche market adalah:

  1. Minimnya Kompetitor

Dengan industri yang spesifik, kamu bisa menghindari padatnya industry dan berfokus pada peluang kecil yang seringkali tidak diperhatikan oleh pesaing2 lainnya. Semisal kamu menjual perangkat alat tulis khusus untuk mereka yang kidal. Meskipun pasarnya kecil, namun kamu hanya satu-satunya yang menjual dengan spesifikasi tersebut, maka kamu akan menjadi pemimpin dengan pangsa terbesar.

  1. Strategi Pemasaran Terfokus

Dengan target pasar yang sudah jelas, kamu bisa lebih mudah mengatur startegi dan fokus bisnismu agar tidak terpecah. Kamu cukup fokus pada target konsumen yang spesifik.

  1. Biaya lebih efektif

Selain target pasar yang lebih spesifik akan memudahkan dalam mengatur strategi. Tentunya biaya yang kamu alokasikan bisa lebih efektif dan tidak ada biaya yang terbuang percuma. Meskipun faktanya dalam niche market biaya terkadang menjadi lebih mahal karena kamu biasanya memerlukan peralatan khusus. Namun, pengalokasian biaya akan menjadi lebih pasti karena minimnya kompetitor.

 

Penutup

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai niche market dan keuntungannya. Kenyataannya, hal tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan karena membangun bisnis memang bukanlah proses yang mudah. Hal terpenting adalah kamu memiliki minat dan tujuan yang pasti. Masalah seperti pemasaran dan pembangunan bisnis, kamu bisa meminta bantuan professional seperti Kalman Marketing Agency yang bukan hanya fokus pada pemasaran, namun value dari bisnis. Dengan demikian, kamu akan mengenal lebih dalam mengenai keunikkan bisnismu dan apa Unique Selling Point yang menjadikanmu unggul dibanding yang lainnya.

Calvina Izumi About the author
No Comments

Post a Comment