Jumat, 9 September 2022 – Belakangan ini pastinya kamu kerap mendengar pekerjaan copywriter, jika kamu sadari jenis pekerjaan ini sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar lho! Baik perusahaan industri kreatif maupun tidak, permintaan untuk jasa copywriter sedang meningkat dan terbilang hampir ada di setiap lamaran pekerjaan. Namun, sebenarnya apa sih copywriter itu, yuk pelajari lebih lanjut lewat artikel di bawah ini!
Apa tugas seorang copywriter?
Copywriting sendiri adalah aktivitas yang dasarnya adalah membuat konten dalam bentuk tulisan untuk dipublikasikan. Jangkauan tulisannya juga mencakup apa saja termasuk konten berita atau artikel dengan tujuan edukasi atau memberikan informasi saja. Mereka yang bertugas membuat bahan tulisan untuk publikasi baik bagi citra perusahaan atau mempromosikan produk / jasa disebut seorang copywriter
Apa saja yang dipelajari dalam copywriting?
Setelah mengetahui perbedaan copywriting & copywriter, tentunya kamu sedikit lebih mengenal tentang dunia konten. Dalam copywriting sendiri kamu akan banyak belajar mengenai kemampuan menulis konten pemasaran dan iklan yang tidak secara langsung menjual produk / jasa. Kamu akan banyak belajar mengenai analisis konsumen dan tren yang sedang berlangsung
Bagaimana cara teknik copywriting yang baik?
Berdasarkan definisinya, pekerjaan copywriter bukanlah hal yang mudah dikarenakan tanggung jawab brand terdapat pada setiap tulisan yang dipublikasikan. Tantangan ini tentunya membuktikan bahwa pekerjaan copywriter tidak semudah yang orang bayangkan. Lantas, berikut adalah skill-skill dasar yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan tulisanmu
-
Kreativitas
Kreativitas yang dimaksud di sini selain proses pemasaran produk / jasa yang unik adalah pemasaran yang mempengaruhi citra perusahaan. Kamu dituntut untuk dapat berpikir kreatif dan outside the box guna menciptakan citra yang unik dan membuat potensial konsumen tertarik untuk mendalami perusahaan secara lebih jauh.
-
Cermat dalam melakukan pengamatan
Tahapan observasi ini penting untuk tren dan konten apa yang sedang digemari oleh audiens sekarang. Dengan observasi yang mencukupi, kamu bisa membuat konten pemasaran yang mudah dijangkau dan membantu pencapaian target. Demikian konten yang dihasilkan menjadi efektif dan membawa keuntungan bagi perusahaan.
-
Storytelling (AIDA)
Teknik ini banyak digunakan dalam copywriting karena dinilai membawa warna tersendiri bagi setiap brand sekaligus menarik lebih banyak pembaca. AIDA adalah framework yang umum digunakan dalam menghasilkan artikel berbentuk storytelling
- Attention
Menarik perhatian audiens di mulai dari judul / heading.
- Interest
Paragraf pertama yang singkat dan berhasil mengusik ketertarikan pembaca / potensial konsumen untuk mengetahui lebih lanjut.
- Desire
Mengajak pembaca untuk ikut merasakan produk / layanan serta keuntungan yang diberikan.
- Action
Ubah keinginan tersebut menjadi suatu keputusan semisal dengan menyediakan kontak untuk konsultasi atau menyediakan tombol beli.
-
Tentukan Audiens
Langkah akhir adalah menentukan target audiens yang ingin kamu tuju. Hal ini menjadi sangat penting karena juga menentukan gaya bahasa dan contoh-contoh yang kamu gunakan. Tentukan audiens secara terfokus sehingga tulisanmu bisa terfokus dan mengarah ke segmen spesifik. Berikut beberapa faktor yang bisa kamu pertimbangkan yakni usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat & kebiasaan dan, lokasi.
Freelance copywriter itu apa?
Freelance copywriter adalah jenis pekerjaan yang bersifat paruh waktu / part time dimana seorang copywriter diminta untuk membantu suatu projek spesifik. Biasanya gaji yang diterima juga tergantung dari besarnya projek / jumlah konten yang diproduksi atau biasanya per hari / per jam.
Berapa gaji seorang junior copywriter?
Untuk freelancer gajinya berkisar di Rp 250.000 per jam sedangkan untuk fresh graduate berkisar di Rp 3.000.000 – Rp 4.000.000 per bulan. Untuk senior copywriter gajinya berkisar di Rp 15.000.000 per bulan
Apa perbedaan pekerjaan seorang copywriter dan content writer?
Terakhir, jangan samakan copywriter dan content writer meskipun sekilas terlihat sama, nyatanya ada pembeda dari kedua profesi ini. Singkatnya, seorang copywriter lebih fokus pada pemasaran produk / jasa yang sifatnya lebih komersil untuk branding. Copywriter lebih mempelajari mengenai tren dan analisis konsumen. Sedangkan, content writer lebih fokus dalam menciptakan konten yang menarik dan kreatif guna menarik banyak perhatian potensial konsumen. Seorang content writer juga berkewajiban untuk membuat website perusahaan agar muncul di laman atas mesin pencari. Intinya seorang content writer bertugas untuk meningkatkan awareness perusahaan.